Saturday, July 9, 2011

Konser Perjalanan Religi Iwan Fals


Ribuan penonton memadati Lapangan Sawunggaling dalam konser Perjalanan Spiritual Iwan Fals, Ki Ageng Ganjur ke Pesantren di Lingkungan Sawo, Gilang, Kelurahan Babat, Kabupaten Lamongan, Sabtu (18/06/2011) malam.

Perjalanan spiritual Iwan Fals bersama Sastro Al-Ngatawi, pimpinan Ki Ageng Ganjur kali ini berada di Pondok Pesantren Al- Barokah, asuhan KH. Yahmi Muallim, Gilang Babat. Tak sekadar silaturrahmi, di pesantren tersebut mereka berdua juga melakukan penanaman pohon penghijauan seperti yang dilakukan saat berkunjung ke pesantren-pesantren lain, sebelumnya.

Selanjutnya, rangkaian acara Istighosah oleh para kyai, Festival Hadrah dan Festival lagu islami menjadi pembuka Konser yang bertajuk Perjalanan Spiritual Iwan Fals, Ki Ageng Ganjur Ke Pesantren kali ini, sebelum akhirnya tepat pukul 21.00, Iwan dan Kang Sastro naik panggung untuk menyapa para OI (Orang Indonesia, red) sebutan untuk para penggemar Iwan Fals.

Dalam Konser, seluruh penonton seakan terhipnotis saat penyanyi legendaris ini membawakan lagu-lagunya. Semua penonton dari yang tua sampai yang muda menirukan setiap nyanyian yang didendangkan musisi kondang tersebut. "Seperti paduan suara massal", kata Aris dan Sharmo, yang mengaku OI Babat.

Begitu juga kharisma dan tausiyah Kang Sastro makin menambah khusyu' ribuan penonton yang hadir. Dalam tausiyahnya, Ki Ganjur mengingatkan kepada seluruh penonton agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, dia juga mengingatkan akan pentingnya penghijauan, dengan cara menanam pohon serta merawatnya.

"Menanam Pohon itu juga merupakan ibadah. Sebab, setiap daun, ranting, cabang dan batang pohon itu semua bertasbih kepada Allah. Dan pohon itu mampu memproduksi oksigen yang kita butuhkan, jadi siapa saja yang mau menanam pohon dan merawatnya, maka akan jadi amal sholeh". Kata kyai nyentrik ini, di atas panggung.

Meski berlangsung hidmat, ada saja penonton yang terpancing kemarahannya akibat tersenggol sesama penonton. Namun demikian, dengan gaya dan cara khasnya, yakni, dengan mendoakan agar semua penonton diberi keselamatan oleh Sang pencipta, Kang Sastro mampu meredam emosi penonton hingga tidak sampai terjadi bentrokan serius antar sesama penonton.

Dalam konsernya tersebut, Iwan tidak hanya mendendangkan lagu-lagu hitnya. Bersama Kang Sastro, dirinya juga melantunkan Sholawat Nabi dan puji-pujian kepada Allah SWT, serta mengkampanyekan penghijauan.

Meski para penonton masih ingin menikmati lantunan suara khas penyanyi legendaris tersebut, setelah satu jam, konser perjalanan religi pun berakhir dengan aman dan tertib.

No comments:

Post a Comment